Posted by : Perpustakaan Taman Ilmu Senin, 24 Oktober 2011

Taman Laut Bunaken

Taman Laut Bunaken terletak di Kabupaten Minahasa dan Kabupaten Manado, Provinsi Sulawesi Utara. Taman Laut Bunaken sangat terkenal dan menduduki sepuluh tempat menyelam terpopuler di dunia. Taman Laut Bunaken merupakan bagian dari Taman Nasional Kelautan Manado Tua. Secara keseluruhan Taman Laut Bunaken meliputi area seluas 75.265 hektar dengan lima pulau yang berada disekelilingnya.


Kelima pulau tersebut yaitu Pulau Manado Tua, Pulau Bunaken, Pulau Siladan, Pulau Montehage berikut beberapa anak pulaunya dan Pulau Naen. Curah hujan di kawasan Taman Laut Bunaken antara 2.500-3.500mm/tahun dengan suhu 26o C -31 o C.

Di perairan Taman Laut Bunaken terdapat tigabelas karang hidup yang didominasi oleh jenis terumbu karang tepi dan terumbu karang penghalang. Di perairan ini juga terdapat sekitar 91 jenis ikan, diantaranya ikan kuda gusumi, osi putih, ekor kuning, goropa, ila gas dan sebagainya. Jenis molusca juga dapat ditemukan di Taman Laut Bunaken, seperti kima raksasa, kepala kambing, naitilus berongga, dan tunikates.

Taman Laut Bunaken memiliki 20 titik penyelaman (dive spot) dengan kedalaman hingga 1.344 meter. Duabelas titik selam diantaranya berada di sekitar Pulau Bunaken yang berjajar mulai bagian tenggara hingga bagian barat laut pulau tersebut. Di wilayah perairan Pulau Bunaken terdapat underwater great walls/hanging wall, yaitu dinding-dinding karang raksasa yang berdiri vertikal dan melengkung ke atas. Hanging walls ini menjadi sumber makanan bagi ikan-ikan di perairan sekitar Pulau Bunaken.
            

Di Taman Laut Bunaken kita dapat melakukan kegiatan diving, berenang, snorkeling, atau hanya sekedar berjalan-jalan di tepi pantai. Taman Laut Bunaken setiap tahunnya selalu ramai dikunjungi wisatawan, khususnya pada bulan Mei-Agustus.




Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Selamat Datang

Selamat Datang
Di SD Negeri Polisi 1

Sample Text

Perpustakaan ini terletak di SDN
Polisi 1 Kota Bogor
Dibangun untuk menunjang proses belajar mengajar
dan sebagai sumber ilmu lain yang dapat digunakan
oleh semua kalangan khususnya Keluarga Besar SDN Polisi 1.

CLOCK

Popular Post

Blogger templates

About

Pages

Bagaimana pendapat anda mengenai perpustakaan ini?

Chat Box Sapa Teman-teman Yuk~?!

Pages - Menu

Followers

Search This Blog

- Copyright © Perpustakaan Taman Ilmu -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -