Posted by : Perpustakaan Taman Ilmu Senin, 24 Oktober 2011

Polisi (Police)

Dimana pun terjadi kejahatan, pasti tampak polisi berseragam berseliweran. Namun, baik polisi maupun polwan mempunyai tugas yang jauh lebih rumit daripada sekedar menangkap maling. Mereka bertugas mencegah terjadinya tindak kriminal, sedangkan di jalan mereka mengatur lalu lintas.
Petugas kepolisian sering bertindak sebagai pekerja sosial tak resmi, petugas perawatan anak, pemberi akomodasi, dan penasihat perkawinan. Para polisi itu membantu mereka yang tersingkir, tua, sakit atau hilang harapan; memberi nasihat atau ketenangan.


Polisi di seantero dunia

Polisi diatur secara berbeda-beda di seluruh dunia. Di Inggris ada 52 angkatan kepolisian lokal yang terpisah, yang menjaga keamanan daerah masing-masing, misalnya kota, kabupaten (kaunti) atau daerah yang lebih luas.



LONDON

Kota London mempunyai angkatan kepolisiannya sendiri, sedangkan daerah di luar London ada di bawah Polisi Metropolitan, yang berpusat  pada New Scotland Yard. “Yard” ini mempunyai banyak detektif yang ulung di Inggris.


AMERIKA SERIKAT

Polisi Amerika Serikat dibagi dan dipisahkan menurut tingkat wilayahnya dan diatur oleh negara bagian, kaunti, kota dan desa. Pelaksanaan tertib hukum ditingkat kaunti dipimpin oleh seorang sheriff. Di AS juga ada institusi tingkat nasional yang disebut Biro Penyidik Federal (Federal Bureau of Investigation=FBI). FBI ini pada dasarnya adalah angkatan detektif.


PERANCIS

Prancis mempunyai angkatan 3 angkatan kepolisian Prefecture de Police yang mencakup Paris, dengan detektifnya yang menangani seluruh kasus kejahatan yang serius. Sûreté Nationale yang mencakup wilayah selebihnya dan kota-kota besar, sedangkan Gendarmarie Nationale mengelola kota-kota kecil dan daerah pedesaan.




KANADA

Di Kanada, Royal Canadian Mounted Police juga dikenal sebagai Mounties. Kini mereka mengendarai kendaraan dan tidak lagi menunggang kuda, namun mereka masih memakai topi bertepi lebar, mantel merah menyala dan celana biru dengan garis kuning pada kesempatan-kesempatan tertentu.
Organisasi Polisi Kriminal Internasional, disingkat Interpol merupakan organisasi yang menghubungkan angkatan kepolisian dari 146 negara sehingga mereka dapat bekerjasama dalam menangkap kriminal.


Polisi berseragam mengurusi urusan-urusan dadakan, baik urusan kriminal maupun bukan. Polisi berpakaian biasa di Bidang Penyidikan Kejahatan mengurusi urusan kriminal. Polisi lain yang dilatih secara khas menangani urusan penipuan, terorisme, keamanan dan penyalahgunaan obat bius.

Polisi membantu menyebrangi anak SD

Polisi Menangkap Preman Pasar

Sumber : “Oxford Ensiklopedi Pelajar” 

Leave a Reply

Subscribe to Posts | Subscribe to Comments

Welcome to My Blog

Selamat Datang

Selamat Datang
Di SD Negeri Polisi 1

Sample Text

Perpustakaan ini terletak di SDN
Polisi 1 Kota Bogor
Dibangun untuk menunjang proses belajar mengajar
dan sebagai sumber ilmu lain yang dapat digunakan
oleh semua kalangan khususnya Keluarga Besar SDN Polisi 1.

CLOCK

Popular Post

Blogger templates

About

Pages

Bagaimana pendapat anda mengenai perpustakaan ini?

Chat Box Sapa Teman-teman Yuk~?!

Pages - Menu

Followers

Search This Blog

- Copyright © Perpustakaan Taman Ilmu -Robotic Notes- Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -